Kamis, 17 Januari 2013

Tarikh Tasyri' Periode Madinah

    Periode Madinah dikenal sebagai periode penataan dan pemapanan masyarakat. Di dalam periode inilah ayat-ayat yang bermuatan hukum mulai diturunkan, baik yang bersifat ritual maupun sosial. Alasannya karena  umat Islam sudah memiliki pondasi aqidah dan akhlak yang kuat sebagai modal dasar dari aspek-aspek lainnya. Ayat-ayat yang diturunkan juga berdasarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat itu, yang kemudian dikenal sebagai asbabun nuzul.

    Pada periode ini, ada empat permasalahan yang paling menonjol di kalangan umat Islam, yaitu:

  1. Tentang golongan orang-orang yang hijrah dari mekkah menuju madinah (Kuam Muhajirin)
  2. Kaum penolong (Ansor), yaitu mereka yang menolong kaum muhajirin di saat hijrah ke madinah, karena keadaan kota mekkah yang sedang carut marut menolak ajaran Islam.
  3. Kaum munafiq yang berpura-pura membantu Islam
  4. Ahli kitab yang radikal, yaitu nasrani dan yahudi
    Sebelum umat Islam mempunyai rencana untuk hijrah, di kota Yatsrib atau yang sekarang dikenal dengan nama Madinah, sudah ada beberapa orang yang memeluk Islam, karena penduduk Yatsrib berpembawaan baik untuk dapat menerima dan menganut agama Islam.. Disamping itu juga kota Yatsrib dijadikan sebagai jalur perdagangan dan tempat persinggahan di waktu lelahnya berjalan di tengah-tengah padang pasir yang gersang. Itulah sebabnya kenapa di sana sudah ada beberapa orang yang memeluk Islam. oleh karenanya, Rasulullah lebih memilih hijrah kesana ketimbang daerah-daerah lainnya. Orang Yatsrib memeluk Islam pada tahun 10 kenabian. Diantara mereka ada suku Aus dan Khazraj. Rasulullah hijrah ke sana hanya ditemani oleh sahabat Abu Bakar. Dan sampai di sana pada tanggal 12 Rabi'ul awal.

    Sebelum sampai di kota Yatsrib, nabi singgah dan bermukim selama 4 hari di Quba. Dan di sana nabi mendirikan masjid yang pertama kali, yaitu masjid Quba.

Tidak ada komentar: