Selasa, 08 Januari 2013

Mengatasi Masalah Tanpa Masalah



Masalah merupakan komponen yang tidak indah dalam hidup manusia. Keberadaannya akan selalu ada selama manusia masih hidup karena masalah tumbuh dari diri manusia itu sendiri.
Banyak manusia mengeluh dengan masalah yang di hadapinya. Tak jarang masalah membuat stres manusia. Dan memaksa manusia berfikir untuk mengatasinya.

Sejatinya problem atu masalah tidak akan ada apabila manusia tidak menganggap masalah sebagai masalah. Dengan kata lain, masalah itu tercipta karna manusia menganggapny a sebagai problem.
Manusia tidak akan bisa menghindar darinya. Namun manusia mampu keluar darinya dengan cara berlapang dada.

Al- kisah, di sebuah pesantren yang terletak di atas bukit ada seorang santri yang mengeluh kepada kiainya karena problem yang tengah di hadapinya. Kiai itupun menyuruhnya untuk mengambil segelas air putih dan segenggam garam lalu memasukan garam tersebut ke dalam gelas dan mengaduknya. Kemudian memintanya untuk meminum air tersebut. Ketika si santri itu meminumnya seketika itu pula dia memuntahkannya. Kiaipun bertanya : “ kenapa kamu memuntahkannya? “ santri menjawab “ rasanya sangat asin kiai “ kemudian sang kiai menyurhnya kembali untuk mengambil garam lagi dan membawanya ke sebuah telaga. Ketika sudah sampai di telaga kiaipun menyuruhnya untuk memasukan garam ke telaga. Dan untuk kedua kalinya kiaipun menyuruh untuk meminum air telaga itu. Setelah meminumnya kiaipun bertanya kembali : “ bagaimana rasanya ? “ tanya sang kiai “ sangat segar kiai “ sergapnya. Sang kiaipun berkata “ itu adalah pelajaran bagimu, garam adalah sebagai suatau masalah dan air adalah hatimu”. Masalah akan terasa berat dan tidak menyenangkan apabila kita menghadapinya dengan hati yang sempit, namun apabila kita menghadapinya dengan lapang dada yang di ibaratkan sebagai telaga maka kita tidak akan merasakan asinnya masalah. Janganlah takut akan masalah, karena masalah akan mengantarkan kita menjadi orang yang lebih baik.   


share on my facebook_ @Ichank ShOlmoen
or my email_ isholmoen@yahoo.com




Tidak ada komentar: