Visi kurikulum
merupakan produk seperangkat asumsi mengenai masyarakat atau dunia luas yang
membentuk suatu konseptualisasi tentang realitas. Formalnya visi kurikulum ini
disebut aspek filosofis dan struktur yaitu dasar
organisasi, (basic organization) untuk menterjemahkan (visionary
aspect of the plan) ke dalam pengalaman belajar nyata para peserta didik.
Kerangka dasar kurikulum merupakan landasan filosofis, sosiologis,
psikopedagogis, dan yuridis yang berfungsi sebagai acuan pengembangan struktur
kurikulum pada tingkat nasional dan pengembangan muatan lokal pada tingkat
daerah serta pedoman pengembangan kurikulum sampai pada tataran pembelajaran
dan Struktur Kurikulum merupakan pengorga-nisasian kompetensi inti, Mata
pelajaran, beban belajar, dan kompetensi dasar pada setiap Sekolah.
Karakteristik kurikulum 2013 yaitu mengembangkan
keseimbangan pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu,
kreativitas, kerja sama dgn kemampuan intelektual dan psikomotorik; sekolah
merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar &
peserta didik menerapkan yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan
memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar; mengembangkan
sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi
di sekolah dan masyarakat; memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan
berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan; kompetensi dinyatakan dalam
bentuk kompetensi inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar
Mata pelajaran; kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasi kompetensi
dasar, dan kompetensi
dasar dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced)
dan memperkaya (enriched) antarMata pelajaran dan jenjang pendidikan
(organisasi horizontal dan vertikal).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar